Rekomendasi Custom ROM untuk Sony Ericsson Xperia X8 (nAa Kernel)

Custom kernel ini biasanya dirancang untuk membuat Shakira lebih gegas, sehingga meningkatkan performance. Sedikit lag dan cepat dalam memberikan respon. Cocok untuk pengguna yang suka main game.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Dalam artikel sebelumnya, saya jelaskan rekomendasi custom ROM untuk stock kernel. Berikut saya rekomendasikan custom ROM untuk custom kernel. Ada beberapa custom kernel. Namun yang sudah saya coba adalah nAa kernel. Kenapa saya coba kernel ini, karena ingin mencicipi custom ROM MiniCM 7 yang sama pembuatnya.

Custom kernel ini biasanya dirancang untuk membuat Shakira lebih gegas, sehingga meningkatkan performance. Sedikit lag dan cepat dalam memberikan respon. Cocok untuk pengguna yang suka main game. Terbukti memang dalam benchmark nilainya lebih tinggi daripada stock kernel.

Namun ada kelemahan dari kernel ini yakni tak stabil. Artinya kadang-kadang tampilannya aneh, atau mungkin hang. Yang sering saya temui adalah tampilannya yang aneh. Misal: gambarnya tak pas sesuai layar. Ini tak akan bisa normal tanpa direstart.

Jadi apakah memilih custom kernel yang lebih cepat tapi tak stabil? Atau stock kernel yang tabil tapi performance kalah dengan custom kernel? Pilihan itu ada di tangan Anda. Pilihlah sesuai dengan tujuan Anda mengupgrade Shakira Anda.

Bila Anda sudah membaca artikel yang untuk stock kernel, Anda bisa langsung menuju rekomendasinya. Bila belum, Anda bisa membaca bagian ini selanjutnya.

Setelah saya dapat memperbaiki HP Shakira saya yang rusak, maka saya punya keberanian menginstall ROM lain. Logika saya, kalau saya bisa menginstall OS asli pabrik (stock), maka saya bisa install lain dong.

Maka saya mulai berburu ROM bikin pihak lain (custom). ROM ini tak resmi dirilis oleh Sony Ericsson. Karena memang dari Sony Ericsson hanya mentok sampai 2.1 (Eclair).

Kali ini saya berpikir langsung ke Gingerbread (2.3). Terlalu ketinggalan kalau saya pakai Froyo (2.2). Tapi masih belum yakin dengan kestablian ICS (Ice Cream Sandwich, 4.0).

Kenapa tak pakai Honeycomb? Kalau Honeycomb memang diperuntukkan untuk tablet. Lagian tak ada custom ROM yang berbasis Honeycomb. Mungkin ada, kalau nyari. Tapi saya lewatkan saja.

Pikiran awal saya adalah ketika install custom ROM adalah langsung install dan langsung pakai seterusnya. Tak membuang banyak waktu untuk mencoba-coba. Karena itu saya tanyakan ke forum-forum, custom ROM apa yang pantas dipakai. Khususnya dipakai sehari-hari. Bukan untuk coba-coba.

Ternyata pertanyaan ini adalah pertanyaan yang tak pantas. Maka banyak jawabannya juga ‘tak enak’. Bahkan ada beberapa forum, pertanyaan ini langsung diclosed.

Jawaban yang banyak diberikan adalah seperti iklan-iklan, ‘Coba dulu, baru beli’. Hehehe.

Masalahnya tak semua orang punya waktu untuk mencoba-coba dan lalu memutuskkan. Apalagi saya perkirakan ada lebih dari 40 custom ROM di internet. Itu pun hanya berbasis Gingerbread. Dan itu terus bertambah…

Apalagi seperti saya, yang ponselnya sangat penting sehingga harus cepat-cepat dipakai. Sehingga ada kejadian-kejadian lucu. Misal: ada sebuah SMS masuk yang menanyakan posisi saya sekarang ini. Karena OS masih kosong, belum dipindah kontaknya, maka saya tak tahu siapa ini. Saya pikir teman kantor, maka saya jawab dengan jawaban resmi. Baru kelak tahu, itu dari teman kuliah. Pasti bingung dia. Hehehe.

Maka saya coba menulis artikel yang membuat daftar rekomendasi custom ROM yang bagus. Supaya tak buang-buang banyak waktu. Ponsel bisa langsung secepatnya dipakai. Tapi kalau tak puas, bisa mencari di xda-developer.com. untuk referensi bisa klik link ini, http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1425240

Yang harus diperhatikan saat mencari custom ROM adalah kernel-nya. Perhatikan kernel apa yang digunakan. Untuk mengetahui kernel yang dipakai Shakira Anda, bisa masuk ke menu > setting > about phone.

Bila Anda belum pernah melakukan perubahan apapun terhadap OS Shakira Anda, kemungkinan besar kernel ponsel Anda adalah asli pabrik. Istilahnya stock.

Ada custom ROM yang memang dirancang khusus untuk sebuah kernel. Kalau memang kernel yang dibutuhkan beda dengan kernel yang ada dimiliki, maka jangan dipaksa.

Kalau custom ROM ini ternyata ada beberapa versi untuk berbagai kernel, pastikan Anda mengunduhnya sesuai dengan kernel yang Anda miliki.

PAKAI KERNEL nAa

MiniCM 7
MiniCM 7

1). MiniCM 7
Sebenarnya gara-gara ingin mencicipi MiniCM ini, saya beranikan diri untuk mengganti kernelnya ke nAa. Kebetulan pembuat kernel dan custom ROM MiniCM 7 adalah orang yang sama. Karena saya pikir pembuatnya sama, maka custom ROM ini pasti bagus.

Memang betul. Shakira saya menjadi kencang. Tanpa saya overclock, nilai Antutu Benchmark mencapai 1700 lebih. Mendekati 1800. Padahal normalnya sekitar 1500 lebih. Luar biasa.

Namun kelemahan yang saya rasakan adalah tak stabil. Padahal tidak saya overclock. Tampilan menjadi berubah-ubah. Bahkan kadang terbagi 2. Normal kembali saat direstart. Dan kejadian ini sering. Makanya saya tak putuskan memakai, meski performance menjadi luar biasa.

Kesimpulan:
Bila Anda mementingkan performance, Anda bisa menggunakan custom ROM ini.

FreeXperia SEMC Debrand Engine
FreeXperia SEMC Debrand Engine

2). FreeXperia SEMC Debrand Engine
Custom ROM ini juga sama kencangnya dengan MiniCM. Namun juga punya kelemahan yang sama. Tak stabil. Meski juga tak overclock. Karena itu saya juga tak menggunakan custom ROM ini.

Kesimpulan:
Bila Anda mementingkan performance, Anda bisa menggunakan custom ROM ini.

GingerFast
GingerFast

3). GingerFast
Bila ingin tampilan bagus, namun kencang bisa menggunakan custom ROM ini. Waktu menulis artikel ini, saya lupa bagaimana rasanya dulu. Apakah stabil atau tidak. Rasanya stabil.

Kesimpulan:
Bila Anda kesengsem dengan kernel nAa yang bisa membuat gegas Shakira Anda, maka Anda bisa menjajal custom ROM ini. Karena tampilannya cukup menarik.

X8Droid
X8Droid

4). X8Droid
Custom ROM ini diklaim sebagai ROM untuk gamer. Karena dia bisa meningkatkan performance grafis yakni meningkatkan kecepatan fps-nya. Tapi saya sendiri mencoba berkali-kali gagal menginstallnya. Karena flash harus dilakukan 2 kali. Setelah install ROM, reboot, terus masuk CWM lalu flash updatenya. Di sini saya selalu kesulitan untuk melakukan update. Jadi saya tak tahu bagaimana aslinya.

Kesimpulan:
Kalau Anda gamer sejati, mungkin bisa menjajal custom ROM ini.
[TSA, 22/05/2012 subuh]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik IT, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf .

14,911 total views, 18 views today

4 thoughts on “Rekomendasi Custom ROM untuk Sony Ericsson Xperia X8 (nAa Kernel)

  1. I like ur things as well as what u have publish this application very awesome in realistic type also.I have concern how much price of it?

  2. Untuk masalah tidak bisa masuk cwm/recovery di x8droid, yg harus anda lakukan adalah mengedit file chargemon yang ada di system/bin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Subscribe without commenting