Review GlobeSurfer X.1: Membagi Internet dan Printer Serumah

(ref: dok. pribadi)
(ref: dok. pribadi)
Namun saat saya pinjamkan modem USB tersebut, otomatis saya tidak bisa berinternet. Ya, sebagai orang tua saya bisa saja mengalah. Tapi saya berpikir, kenapa tidak mencari router yang bisa membagi koneksi internet ke seluruh penghuni rumah lewat wifi yang dipancarkan?

Oleh: Mochamad Yusuf*

Bermula dari keinginan saya membagi koneksi internet yang saya miliki ke seluruh penghuni rumah, maka saya temukan wifi router Option GlobeSurfer X.1 ini.

Latar belakangnya saya mencari router ini karena Zidan, anak saya, butuh koneksi internet mengerjakan tugas sekolahnya. Kebetulan saya memiliki modem 3G GSM, maka tinggal saya pinjamkan ke dia. Selain itu saya tidak mau dia ke warnet mengerjakan tugasnya. Saya merasa warnet banyak godaan negatif saat di sana. Hehehe.

Namun saat saya pinjamkan modem USB tersebut, otomatis saya tidak bisa berinternet. Ya, sebagai orang tua saya bisa saja mengalah. Tapi saya berpikir, kenapa tidak mencari router yang bisa membagi koneksi internet ke seluruh penghuni rumah lewat wifi yang dipancarkan?

Saya mulai mencari, dan saya temukan. Ada beberapa tipe buatan TP-Link yang memiliki port USB yang bisa ditancapi Modem USB. Router tersebut bisa melakukan koneksi internet lewat modem USB baik GSM ataupun CDMA. Dari koneksi yang diperolehnya dipancarkan lewat wifi ke seluruh penghuni rumah.

Namun tipe ini harganya relatif mahal. Di atas 200 ribu. Saya ingin harganya kalau bisa di bawah 200 ribu. Karena toh ini rumah, bukan kantor. Tidak perlu canggih-canggih amat. Hehehe.

Akhirnya saya temukan Option GlobeSurfer X.1 yang harganya cuma 169.900. Wifi router ini ada 2 port USB yang bisa ditancapi modem baik GSM atau CDMA. Namun tidak semua modem didukung. Mungkin karena wifi router ini bikinan Eropa jauh di sana, maka tidak begitu banyak mensupport merk lokal. Namun merk-merk global seperti ZTE, Huawei, Sierra Wireless dan lain-lain didukung.

Saya puas dengan router GlobeSurfer X.1 ini. Kenapa? Karena dengan harga murah, banyak sekali fitur yang saya rasakan sangat berguna ditemukan di router ini. Fitur-fitur tersebut adalah:

1. Access Point
Fungsi utamanya adalah membuat jaringan lewat wifi. Dengan GlobeSurfer X.1 maka ada koneksi wifi di rumah. Bila peralatan kita seperti laptop, PC, ponsel atau tablet tersambung ke GlobeSurfer X.1, maka semua peralatan itu bisa terhubung lewat jaringan lokal. Dengan masuk ke jaringan, kita bisa saling berbagi folder atau bermain game bareng.

2. Berbagi Internet dari Modem USB
Dari koneksi internet yang diperoleh lewat modem, baik GSM atau CDMA, dibagi (share) oleh GlobeSurfer X.1 ke jaringan yang terkoneksi lewat jalur wifi. Sehingga dengan memiliki 1 modem 1 paket langganan internet, bisa dirasakanan oleh satu keluarga. Jadi tidak hanya 1 orang saja yang menikmatinya.

Tapi apa nggak lemot? Tergantung banyak hal. Itu tergantung kecepatan modem, kecepatan transfer operator, lokasi Anda, aplikasi apa yang dibuka dan masih banyak yang lain. Namun kalau hanya sekedar browsing blog atau BBM-an saja, sudah cukup memadai. Pernah router wifi ini sampai 6 orang menggunakannya saya rasakan masih kencang.

3. Berbagi Hardisk
Ini yang saya suka dari GlobeSurfer X.1. Jadi selain port USB di atas yang khusus untuk modem, ada port USB di belakang. Port USB ini bisa ditancapi flashdisk atau hardisk eksternal. Bila sudah tersambung dengan hardisk, maka otomatis data di hardisk ini ini bisa diakses oleh seluruh keluarga yang terkoneksi wifi. Ini berguna bila menyimpan file-file musik atau film, sehingga bisa dinikmati sekeluarga.

4. Berbagi Printer
Selain bisa ditancapi hardisk, port USB belakang ini bisa ditancapi printer. Jadi untuk ngeprint, tidak perlu membawa laptop/PC ke printer untuk menyambungnya agar bisa mencetak. Tapi cukup tersambung ke GlobeSurfer X.1, maka Anda bisa mencetak tanpa harus memindahkan laptop/PC Anda. Ini praktis dan tidak merepotkan karena ‘usung-usung’ laptop/printer.

Kedua fungsi di atas, berbagi hardisk dan printer, menjadikan GlobeSurfer X.1 seakan komputer sendiri. Biasanya untuk melakukan hal itu diperlukan komputer untuk menyambungnya dan lalu membaginya lewat jaringan.

Selain fitur-fitur di atas, kelebihan yang dimiliki GlobeSurfer X.1 adalah:

1. Tidak Panas
Yang saya salut dari GlobeSurfer X.1, meski dipakai berhari-hari bahkan berminggu-minggu, tetap dingin. Tidak panas. Ya, hangat sedikitlah. Bahkan modem yang digunakan juga tidak ikutan panas.

2. Mungil
Besarnya hanya setelapak tangan. Jadi cukup praktis kalau dibawa kemana-mana. Apalagi tanpa antena seperti merk lain, sehingga tidak menyangkut sesuatu kalau dimasukkan tas.

3. Desain Cantik
Desainnya cukup cantik. Hitam di atas dan putih di bawah. Keren kalau melihatnya.

4. Kualitas bagus
GlobeSurfer X.1 buatan Option. Merk ini tidak begitu terkenal di Indonesia. Merk ini aslinya dari negara Belgia, Eropa. GlobeSurfer X.1 punya saya dibuat di Irlandia, Eropa juga. Bahan-bahannya terlihat berkualitas. Jadi bisa dipastikan awet khas produksi Eropa.

Namun tidak berarti memiliki kekurangan. Ada 2 hal yang menurut saya jadi kelemahan dari GlobeSurfer X.1.

1. Tidak Semua Modem Didukung.
Tidak semua modem di pasaran bisa digunakan oleh GlobeSurfer X.1. Kebanyakan yang didukung adalah merk-merk global seperti ZTE, Huawei, Siera Wireless, dan lainnya termasuk bikinan Option sendiri. Saran saya sebelum membeli GlobeSurfer X.1, pastikan modem yang dimiliki didukung oleh GlobeSurfer X.1. Daftar selengkapnya modem yang didukung bisa dilihat di website Option.

2. Sederhana konfigurasinya.
Aplikasi setingannya menurut saya terlalu sederhana. Saking sederhanya, tidak tersedia APN untuk operator di Indonesia. Di TP Link yang saya lihat, APN-nya tinggal pilih disesuaikan dengan operatornya. Jadi cukup mudah. Atau bisa menyimpannya dalam setingan sendiri. Sedangkan di GlobeSurfer X.1, harus diset secara manual. Saya takut kalau tidak biasa ngeset APN, bisa kesulitan mendapat koneksi internet. Saya harap ke depan Option mengeluarkan aplikasi yang setingannya lebih canggih. Hehehe.

Tapi secara keseluruhan saya puas dengan GlobeSurfer X.1. Antara harga dan fitur serta kelebihan yang dimiliki rasanya pantas GlobeSurfer X.1 untuk kita pinang. Saya rekomendasikan Anda khususnya bagi Anda yang memiliki budget terbatas seperti saya. Hehehe. [TSA, 20/5/2014 subuh]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, konsultan tentang ‘online communication’, pembicara publik tentang IT, host radio, pengajar sekaligus praktisi IT. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf.

~~~
Foto-foto lain bisa dilihat di: https://www.facebook.com/media/set/?set=a.10152001124249462.1073741831.107309769461&type=3

40,588 total views, 11 views today

About Administrator TechKnow

Mochamad Yusuf was born in Surabaya on December, 29th. After passed his education in Communication Studies from University of Airlangga in 1995, he worked in SCTV as a promotion producer until 1998. Then, he has joined SAM Design, a well-known company for website developing and application. More than 134 websites and application projects have been done there. Yusuf also speaks in many public seminars and radios, as well as teaches at STIKOM and Christian University of Petra Surabaya. Yusuf likes to read, write and watch the movies. You can see his writings on Jawa Pos, Surabaya Post, also internet media. His book has been published, "99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet". He has achieved some regional and national awards too. You also monitor his activities in Facebook profile, http://www.facebook.com/mcd.yusuf or personal website, http://m.yusuf.web.id.

23 thoughts on “Review GlobeSurfer X.1: Membagi Internet dan Printer Serumah

  1. om, ini yg bundling operator Arab bukan? yg dijual di salah satu toko notebook online terkenal? klo iya, boleh minta unlock key-nya?

    saya juga punya sudah hampir 2 tahun, yg bundling operator Timur Tengah, bagian modem usb dikunci… sama toko sih diberi key untuk unlock, tapi tetap gagal, jadi selama ini cuma dipakai sbg router jaringan kabel saja, gak bisa dibawa2

    trims

  2. waktu beli sih sudah protes ke tokonya, tapi cuma disuruh kirim balik dengan ongkir bolak-balik saya yg tanggung, lha jadi gak ekonomis lagi total harganya, makanya jadi kapok beli di situ

    oke coba nanti saya update firmwarenya
    trims

  3. sudah saya minta juga seperti itu, tapi tetap gak diberi, dan tetap minta dikirim balik, ya sudahlah buat pengalaman aja, toh fungsi wireless routernya msh jalan dgn koneksi kabel/adsl dan fungsi lain tetap jalan :D

  4. Mas, mau tanya.. agak banyak gapapa ya.. :)

    Untuk option globesurfer x.1 ini, saya ingin memastikan beberapa hal sebelum membelinya, sebagai berikut:

    1. Apakah bisa jaringan internet kabel firstmedia/fastnet dikoneksikan di router ini untuk di-share akses internetnya seperti wi-fi router TP-Link (TL-WR740N)? Karena dari informasi yang ada kurang jelas untuk cable modem firstmedia/fastnet apakah bisa atau tidak. Settingnya sulit kah?

    2. Selanjutnya, untuk jangkauan dan kekuatan sinyal untuk rumah ukuran 200 m2 bagaimana ya? kira2 radiusnya maximal sampai berapa meter? Saat ini saya pakai TP-Link TL-WR740N untuk rumah ukuran 200m2 dan sampai saat ini masih sangat stabil dan kuat (pemakaian 1 tahun, paket fastnet/firstmedia 1 MB –> youtube/streaming online tidak buffering+download speed: +/- 150KBps), bagaimana dengan Option Globesurfer X.1 ini?

    3. Kemudian berdasarkan pengalaman, apa ada beda performa antara yang berlogo “option”, “orange” dan “STC”? kenapa yang berlogo “option” lebih mahal ya? Apa benar yang logo “STC” harus di-unlocked dulu baru bisa digunakan seperti pengalaman Agan Adi di atas? Ada tips supaya ga ter-unlocked?

    4. Apakah pernah dicoba dengan modem CDMA? Kalau saya baca-baca kok pada ga bisa konek ya? Mohon pencerahannya.

    Saya berencana beli produk ini, soalnya sesuai budget saya.
    Terima kasih atas balasan dan infonya.

  5. @Tama
    Karena pertanyaannya banyak, saya jawab satu-satu ya…
    2. Kebetulan saya juga punya TP Link. Jangakaunnya memang kalah. Karena saya pikir TP Link ada antennanya, sedang GlobeSurfer tidak ada. Tentu ini sangat berpengaruh. Namun untuk di rumah saya dengan luas 100 m2, cukup memadai. Saya belum pernah ngetes lebih jauh lagi. Sedang pakai TP Link, saya pernah test sampai 3 rumah tetangga masih nyampai.
    Administrator TechKnow recently posted..Cek Ponsel Anda, Siapa Tahu Ponsel Anda Palsu!My Profile

  6. @Tama
    Karena pertanyaannya banyak, saya jawab satu-satu ya…
    4. Bisa. Syaratnya harus masuk dalam daftar yang disupport. Masalahnya CDMA modem yang dijual seperti Smartfren kebanyakan merk lokal. Sedangkan merk lokal kebanyakan tidak disupport.

  7. alat ini apakah bisa di koneksikan dengan router lain,entah via rj45 atau wifi,krn sy berpikiran sy ingin pasang storage di alat ini,tp mengaksesnya via router

  8. hi, mau tanya apakah pernah mengalami modem tiba2 unsupported atau akses 192.168.1.1 tidak bisa/alias hang.
    soalnya saya agak kecewa, baru pakai sebentar globesurfer lgsg tidak detect modemnya, harus saya matikan dan biarkan lama baru bisa lagi.

    sudah 2 modem saya coba, selalu mengalami hal yang sama.

  9. Hi mas,

    saya belum lama ini juga baru beli modem globalsurfer x.1 di jaknote; sudah masuk ke GUI untuk setting modem. status sudah unlock dr sananya. Sudah rubah APN, username, dan password sesuai kartu sim (3 , indosat, telkomsel) tapi masih juga tidak bisa connect internet.
    Ada solusi mas?
    terima kasih.

    Regards,

    Andy Lesmana

  10. Hi mas,

    saya belum lama ini juga baru beli modem globalsurfer x.1 di jaknote; sudah masuk ke GUI untuk setting modem. status sudah unlock dr sananya. Sudah rubah APN, username, dan password sesuai kartu sim (3 , indosat, telkomsel) tapi masih juga tidak bisa connect internet.
    Ada solusi mas?
    terima kasih.

    Regards,

    Andy Lesmana

  11. Gan mohon bantuannya. saya baru beli option globesurfer x.1 ini, ternyata masih ter locked statusnya. penjual tidak menyertakan unlock codenya. Ada yang bisa bantu share unlock codenya? Makasih sebelumnya.

  12. Setahu saya router ini tidak perlu seting APN deh, tinggal colok dan tunggu beberapa menit dia akan terkoneksi otomatis.
    Saya sudah lama menggunakan ini (sebelum ganti pakai telkom speedy), saya tidak pernah setting APN. jadi asal usb modem nya support tinggal colok aja, beres.

    Tambahan:
    routernya memang tidak gampang panas, saya nyalain berhari2 tetap stabil. Tapi yang jadi masalah adalah modem usb nya yang justru gampang panas. ini penyakit biasa di modem usb. kalau udah panas, biasanya diskonek.
    Makanya kalau mau dinyalakan 24 jam, disarankan pasang kipas angin juga yang mengarah ke modem langsung. Atau modem nya tempel ke tembok.
    Saya pakai trik ini, koneksi stabil terus.

  13. gan mf mau nanya kalau fungsi update firmware itu apa ya? modem saya huawei e173 tpi gbs connect, apa update firmware bisa ngebantu? atau modemnya ga support y?solusi nya gimna y?

  14. Saya baru mencoba pakae globesurf, mau tanya kenapa sinyal wifi sering putus (unlimited) ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Subscribe without commenting