Wireless Router 3G [3]: Game Bareng, Internet Bareng

TP Link TL-WR340G, kecil dan murah tapi handal!
TP Link TL-WR340G, kecil dan murah tapi handal!
Untungnya saya dapat rejeki sebuah laptop lagi. Karena itu adiknya Zidan, Zelda, bisa main game bareng. Selama ini dia merengek-rengek minta main game bareng. Kalau sudah merengek banget, biasanya saya mengalah. Tapi saya juga ingin main game sebenarnya. Dengan adanya laptop baru, sehingga kita bertiga dapat main game bareng. Tapi sebentar, ada masalah… kalau bertiga bagaimana bisa main game bareng?

Oleh: Mochamad Yusuf*

Saya suka main game. Tapi sekarang sudah tidak segila dulu waktu masih bujang atau belum punya anak. Hehehe.

Dulu saat bujang, saya betah di kantor karena bisa main game bareng sama teman-teman kantor. Sepulang kantor kita pasti main game bareng. Game-game multiplayer seperti ‘Need for Speed’, ‘Quake’, ‘Counter Strike’ menjadi favorit kita. Terlebih di malam Minggu bisa sampai subuh. Hehehe.

Di rumah juga. Saat masih belum punya anak atau sudah punya anak pertama tapi masih bayi, saya juga bisa main game sampai Subuh. Game-game misteri seperti Doom, Quake akan saya mainkan sampai selesai.

Setelah Zidan, anak pertama saya, mulai sekolah, ternyata dia juga suka main game. Kita main game bareng di PS2. Dulu saya merasa sudah jago main game. Ternyata terakhir-terakhir saya kalah terus. Tapi saya merasa masih bisa menang terus di game PC.

Suatu ketika setelah Zidan sunat, saya belikan laptop. Akhirnya saya merasa kesampaian juga bisa mengalahkan Zidan main game, pikir saya. Karena 2 laptop, saya pikir cukup dengan kabel jaringan bertipe ‘cross’. Dengan kabel ‘cross’ ini saya dapat membuat jaringan meski hanya terdiri 2 komputer.

Awalnya saya selalu menang, tapi lama-kelamaan Zidan sekali-kali menang. Tapi seterusnya dia sering menang. Aduh saya jadi frustasi nih… karena selalu jadi pecundang. Hehehe.

Untungnya saya dapat rejeki sebuah laptop lagi. Karena itu adiknya Zidan, Zelda, bisa main game bareng. Selama ini dia merengek-rengek minta main game bareng. Kalau sudah merengek banget, biasanya saya mengalah. Tapi saya juga ingin main game sebenarnya.

Dengan adanya laptop baru, sehingga kita bertiga dapat main game bareng. Tapi sebentar, ada masalah… kalau bertiga bagaimana bisa main game bareng?

Pakai kabel cross sudah tidak mungkin lagi. Karena hanya bisa buat 2 orang saja.

Satu-satunya cara yang saya tahu adalah membeli hub atau switch seperti yang dimiliki kantor. Eiits.. tunggu. Ternyata ada cara lain yakni membeli wireless router. Ini selain bisa sebagai switch juga bisa buat access point alias switch tanpa kabel. Tapi saya takut mahal, karena yang memiliki biasanya kantor atau restoran.

Ternyata saat browsing di internet, untuk beberapa merk dan tipe cukup terjangkau. Akhirnya saya beli TP Link WR-340G seharga Rp 172.000.

Awalnya ragu membeli karena takut susah settingnya. Tapi saya pikir masak sebagai orang IT, nggak bisa makai. Toh ada manualnya. Ternyata memang gampang settingannya. Orang awam sekalipun pasti bisa. Kalau tak mau report bisa menggunakan wizard setting. Hanya next next. Hehehe.

Akhirnya dengan adanya wireless router ini, kita bisa membuat jaringan. Tidak hanya 3 komputer, tapi bisa lebih. Jadinya kita bisa bermain game bareng, Zidan, Zelda dan saya. Tentu saja Zelda yang cewek dan baru duduk di bangku TK jadi bulan-bulanan kita. Hehehe. Dalam hati, saya sekarang bukan pecundang lagi. Hehehe.

Dengan adaya access point ini, kita tidak hanya bisa main game bareng. Tapi bisa saling share file. Kita tidak perlu pakai flashdisk lagi untuk membaca di komputer lain atau memindahkan file ke komputer lain, cukup browse network maka kita bisa masuk ke komputer lain untuk melihat folder atau file yang dishare.

Ternyata, dengan access point ini saya juga bisa berbagi internet yang saya miliki lewat modem. Cukup masuk ke control panel > network > pilih network lewat modem yang kita pakai > klik kanan > pilih sharing > centang internet sharing. Maka otomatis internet yang kita dapatkan lewat modem, kita bisa bagi lewat jaringan melalui access point tersebut.

Maka saya bisa punya cara lain berbagi internet seperti sudah saya ceritakan di tulisan kedua serial ini, tapi dengan jangkauan lebih luas. Pakai connectify jangkaunnya terbatas, sekitar 2-3 meter. sedangkan pakai wireless router ini bisa sampai 50 meter. Tetangga bisa akses juga. Hehehe.

Jadi kalau Anda ingin menciptakan kebersamaan keluarga, modalnya murah. Beli wirelss router, dan kita bisa bersenang-senang main game bareng. Hehehe. Anda juga bisa melakukannya kok. Silakan dicoba. [Halim Perdanakusumah, 3/2/15 Maghrib].

~~~
Serial tulisan “Wireless Router 3G” ini menceritakan tentang apa itu wireless router 3G, manfaat dan aplikasinya di lapangan. Tunggu kelanjutan serial tulisan ini di http://www.techknow.web.id.

~~~
*Mochamad Yusuf adalah penyuka teknologi. Gemar membaca dan menulis. Waktu senggangnya dipakai menonton film. Hehehe. Anda dapat menemuinya di http://www.facebook.com/mcd.yusuf atau PIN BBM: 7DDB9A34.

1,060 total views, 2 views today

About Administrator Techknow

Mochamad Yusuf was born in Surabaya on December, 29th. After passed his education in Communication Studies from University of Airlangga in 1995, he worked in SCTV as a promotion producer until 1998. Then, he has joined SAM Design, a well-known company for website developing and application. More than 134 websites and application projects have been done there. Yusuf also speaks in many public seminars and radios, as well as teaches at STIKOM and Christian University of Petra Surabaya. Yusuf likes to read, write and watch the movies. You can see his writings on Jawa Pos, Surabaya Post, also internet media. His book has been published, "99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet". He has achieved some regional and national awards too. You also monitor his activities in Facebook profile, http://www.facebook.com/mcd.yusuf or personal website, http://yusuf.web.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Subscribe without commenting